6 Pengobatan Alami Untuk Dada Panas dan Perih serta Asam Lambung Berat

Nyeri ulu hati atau perih dan panas di dada merupakan masalah kesehatan yang mungkin kebanyakan orang pernah mengalaminya. Kondisi ini ditandai dengan rasa terbakar yang membuat tidak nyaman tepat di belakang tulang dada, dan sering menjalar ke tenggorokan.

Penyebab dari hal tersebut adalah naiknya asam lambung, yang terjadi ketika otot berbentuk cincin (sfingter esofagus bawah, atau LES, sebagai gerbang makanan masuk ke lambung) melemas ketika seharunya menutup rapat. Keluhan tersebut atau bisa disebut heartburn ini mengakibatkan asam dalam lambung naik ke tenggorokan, dan kemudian sebabkan perih dan panas.

Tindakan pengobatan mesti dilakukan untuk mengatasi keluhan tersebut, apalagi bila kondisinya adalah asam lambung berat.

Satu sendok soda kue

Dengan satu sendok teh natrium bikarbonat atau soda kue bisa membantu mengatasi sensasi terbakar atau panas yang diakibatkan oleh naiknya asam lambung. Soda kue ini sudah umum dikenal bisa membantu atasi asam lambung naik, jadi bahan alami ini bisa membantu meredakan heartburn. Soda kue memiliki pH lebih tinggi dari 7.0, dan karena itulah bisa menetralisir asam lambung.

  • Cukup siapkan setengah atau satu sendok teh soda kue.
  • Dan campurkan ke dalam segelas air.

Jus lidah buaya

Lidah buaya ini adalah tanaman yang digunakan untuk merelaksasi kondisi luka bakar, tetapi diketahui lidah buaya ini bisa melakukan lebih dari itu. Tanaman ini bisa pula membantu kondisi asam lambung berat dan sensasi panas disertai perih di dada, sebab lidah buaya bisa mengurangi peradangan di bagian atas lambung.

Minumlah ½ gelas jus lidah buaya, sebelum makan. Ingatlah bahwa lidah buaya dapat bertindak sebagai pencahar, jadi setelah meminum jus ini usus besar Anda akan berkontraksi atau mulai ingin BAB.

Mengunyah permen karet

The Journal of Dental Research melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa mereka yang mengeluhkan gejala gastroesophageal reflux disease (GERD), atau heartburn kronis, merasa lega ketika mereka mengunyah permen karet bebas gula selama 30 menit setelah makan.

Hal ini terjadi karena mengunyah permen karet menstimulasi kelenjar ludah, dan meningkatkan aliran air liur. Dengan air liur ini sebenarnya bisa meredakan kondisi perih dan panas di dada.

Setelah makan, kunyahlah permen karet bebas gula. Lakukan selama 30 menit untuk membantu menangkal asam lambung naik.

Konsumsi pisang atau apel

Pisang mengandung antasida alami yang dapat bertindak menanggulangi refluks asam. Jika Anda ingin mencoba pengobatan rumahan yang paling sederhana untuk asam lambung naik ini, cobalah makan beberapa pisang matang dan makan satu buah setiap hari. Pilihan lainnya adalah apel. Makan satu buah apel dan lakukan beberapa jam sebelum tidur untuk mengurangi atau mencegah ketidaknyamanan akibat asam lambung.

Minum teh jahe

Jahe dapat membantu meredakan sejumlah gejala dari asam lambung yang naik, seperti rasa panas dan perih di dada juga mengatasi sakit kepala yang mungkin timbul akibat asam lambung. Meminum secangkir teh jahe segar sekitar 20 menit sebelum makan dapat membantu menenangkan perut Anda dan bertindak sebagai pemblokir asam lambung.

Irislah jahe menjadi beberapa bagian dari satu jahe utuh dan masukan ke dalam panci dengan air 2 gelas, lalu didihkan, tutup selama 30 menit. Filter air hasil rebusan tersebut, biarkan dingin dan minum sekitar 20 menit sebelum makan.

Makan kacang almond

Ini termasuk obat alami untuk sakit maag. Anda bisa makan beberapa almond setiap setelah makan, atau bisa dijadikan camilan. Kacang ini memiliki kandungan yang bisa menetralkan cairan dalam lambung, sehingga bisa menghilangkan dan mencegah asam lambung naik.

Itulah enam pengobatan alami untuk dada panas dan perih serta asam lambung berat. Semoga bisa menjadi solusi alternatif selain obat pada umumnya.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*