Kesehatan Saluran Cerna Berdampak Signifikan Terhadap Kesehatan Tubuh

Kesehatan Saluran Cerna Berdampak Signifikan Terhadap Kesehatan Tubuh

Ini adalah hasil alih bahasa dari tulisan Dr. Liz Cruz di situs livelovefruit.com terkait pentingnya kesehatan usus.

Sebagai seorang ahli Gastroenterologi bersertifikat, mudah bagi saya untuk menjelaskan pentingnya sistem pencernaan dan bagaimana fungsi pencernaan ini dapat merusak kehidupan bila tidak berfungsi semestinya.

Nama saya Liz Cruz, saya seorang dokter yang sudah berurusan dengan (GI) gastrointestinal selama dua dekade. Saya memiliki tempat praktik sendiri di Phoenix, Arizona dan memiliki lebih dari 20 ribu pasien. Saya telah melakukan hampir 3 ribu kali kolonoskopi dan endoskopi pertahunya jadi saya memiliki cukup pengalaman di bidang ini.

Sistem pencernaan dianggap sebagai otak kedua karena suatu alasan. Nah, biarkan saya menjelaskan betapa pentingnya sistem pencernaan ini dan bagaimana fungsi pencernaan ini sangat memengaruhi kesehatan tubuh.

Sistem pencernaan terdiri atas beberapa organ: mulut, esofagus, lambung, usus kecil, pankreas, hati, kantong empedu, dan usus besar. Pencernaan ini adalah kumpulan organ penting dengan fungsi yang juga demikian. Pencernaan ini pula yang bertanggung jawab untuk mensuplai nutrisi ke seluruh tubuh. Jadi, mari kita bahas apa yang terjadi bila pencernaan ini tidak berfungsi semestinya.

Pentingnya enzim

Pertama dan merupakan bagian terpenting dari sistem pencernaan ini adalah kemampuan untuk mencerna makanan dengan baik. Ketika makanan masuk ke dalam perut dengan kondisi masih padat, walau sudah dikunyah sekalipun (karena ini tidak mengubahnya menjadi cairan). Tubuh tidak dapat mencerna makanan dalam bentuk padar, ia mesti dipecah dahulu menjadi cairan agar tubuh dapat menyerapnya. Proses ini terjadi di dalam lambung di mana enzim dan cairan lainnya diciptakan untuk memecah makanan.

Jika tidak ada cukup enzim atau cairan lainnya yang terbentuk, fungsi pencernaan tidak akan berjalan dengan baik. Artinya makanan akan turun ke usus dalam bentuk potongan-potongan kecil, tidak dalam bentuk cairan.

Bila tubuh tidak dapat menyerap partikel-partikel makanan, tubuh tidak akan bisa mendapatkan nutrisi dari makanan yang disuplai. Tubuh yang kekurangan gizi, memiliki energi yang rendah dan tubuh tidak akan memproduksi sel-sel darah merah sehat, yang pada gilirannya menyebabkan banyak bagian tubuh tidak mendapat nutrisi dengan baik.

Tubuh yang disuplai dengan makanan tidak bernutrisi, semisal makanan cepat saji, makanan olahan, dan makanan yang sarat akan bahan kimia dan pengawet membuat tubuh tidak mampu memecahnya untuk mendapat manfaat dari makanan tersebut. Hal ini secara perlahan membuat tubuh kekurangan gizi.

Apakah flora dalam saluran cerna baik?

Masalah pencernaan lain yang bisa menyebabkan masalah kesehatan di seluruh tubuh adalah flora usus yang kondisinya kurang baik. Delapan puluh persen sistem kekebalan tubuh kita berada di dalam usus. Ini karena organ ini cenderung sering berinteraksi dengan kuman, bakteri, dan virus melalui mulut.

Sistem cerna kita adalah rumah bagi triliunan bakteri baik yang fungsinya memabantu melawan kuman yang masuk. Dan masalahnya adalah banyak dari kita yang tidak memiliki cukup bakteri baik dalam usus untuk berfungsi dengan efektif. Ini karena makanan sehari-hari kita, tingkat stres yang tinggi, dan penggunaan antibiotik, sehingga flora usus kita terganggu.

Jumlah bakteri merugikan dalam usus membuat tubuh kita sakit secara teratur, misal sembelit, diare, kembung, dan bahkan infeksi.

Apakah BAB kita teratur?

Bicara mengenai BAB, bila kita tidak teratur untuk membuang hajat, bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan. Idealnya kita mesti buang air besar tiga kali sehari, artinya adalah makan, lalu BAB. Sehingga mestinya kita buang air besar tiga kali sehari. Namun, kebanyakan dari kita tidak demikian, walau demikian sekali sehari pun bisa menyehatkan.

Ketika kita tidak mengeluarkan kotoran dalam tubuh, ini menyebabkan penumpukan di dalam tubuh, dan timbulkan pembentukan zat beracun di usus besar. Darah yang mengalir melalui usus besar juga akan mengaliri otak dan hati. Darah ini bisa menyebabkan sakit kepala, fibromyalgia, iritasi kulit, kelelahan, dll.

Jadi, demikianlah bagaimana pentingnya sistem pencernaan kita mesti tetap sehat, agar memiliki kondisi tubuh tetap sehat. Jika memiliki masalah kesehatan terkait pencernaan, pertimbangkanlah untuk memilih pengobatan alami sebelum mengambil obat biasa pada umumnya.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*